Mari Kita Cegah Diabetes dengan Praktis


Tahukah anda bahwa data kesehatan yang berasal dari WHO menunjukkan bahwa angka kematian yang disebabkan oleh penyakit diabetes pada tahun 2012 mencapai 1,5 juta orang??? Beriringan dengan hal tersebut, saat ini Indonesia berada di peringkat ke-7 negara pengidap diabetes terbanyak didunia dan menjadi penyebab kematian ke-3 terbesar di Indonesia. Penyakit ini seringkali luput dari perhatian karena gejalanya yang kurang jelas dan baru disadari setelah adanya komplikasi. Sangatlah penting bagi kita untuk melakukan pemeriksaan kesehatan sejak dini agar penyakit diabetes ini dapat diketahui/dideteksi sebelum terjadinya komplikasi. Seorang pakar kesehatan Professor Sidartawan Soegondo dari Universitas Indonesia menjelaskan bahwa terdapat banyak faktor yang menjadi pemicu munculnya penyakit diabetes, seperti berat badan yang berlebih, gaya hidup yang tidak sehat, hingga riwayat keluarga yang memiliki diabetes.  
Pengetahuan yang kurang mengenai gaya hidup dimasyarakat seperti pola makan yang tidak tepat juga dapat menjadi faktor pemicu munculnya penyakit diabetes. Sebagian orang beranggapan jika banyak makan menunjukkan indikasi sehat pada anak karena jika anak gendut maka mereka terlihat imut dan menggemaskan. Padahal sebenarnya anggapan tersebut belum tentu benar adanya. Anak yang sering mengkonsumsi gula dan makanan yang manis dibandingkan mengkonsumsi sayur dan buah akan menyebabkan adanya penumpukan lemak ditubuh yang  menjadi pemicu munculnya penyakit diabetes. Banyak masyarakat yang menyepelekan hal ini, maka kini banyak penderita diabetes yang berusia kurang dari 40 tahun. Untuk mencegah penyakit diabetes banyak cara yang dapat kita lakukan, salah satunya dengan cara PRAKTIS yaitu :
P : Periksa kesehatan dan jadwalkan janji medis 
R : Rajin bergerak dan melakukan aktifitas fisik
A : Atasi penyakit dengan pengobatan yang tepat dan teratur
K : Kontrol tekanan darah dan kendalikan stress
T : Tetap diet dengan gizi yang seimbang
I : Istirahat dengan cukup
S : Sarapan yang sehat dan teratur 
  
“Ingatlah bahwa Diabetes Melitus adalah ibu / sumber dari segala penyakit, oleh sebab itu kenali dan tanganilah sedini mungkin”.
– dr. Andra Aswar, Sp.PD (Spesialis Penyakit Dalam Ciputra Hospital CitraGarden City) –
Daftar Pustaka 
e-book infoDATIN Pusat data dan informasi kementrian kesehatan RI




Komentar

Postingan populer dari blog ini